Tel. (021) 75901547 ext. 203/204 sekretariat@ikatanbankir.or.id

CEO Talk : Indonesian Banking Sector Facing Global Competition

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) bekerjasama dengan ikatan Bankir Indonesia (IBI) menyelenggarakan serial CEO Talk yang kali ini sekaligus juga merupakan program IBI Goes To Campus.

DSC_5926_1Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) bekerjasama dengan ikatan Bankir Indonesia (IBI) menyelenggarakan serial CEO Talk yang kali ini sekaligus juga merupakan program IBI Goes To Campus. Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan Alumni FEB UGM, Muhammad Edhie Purnawan,M.A, Ph.D dan Ketua Bidang Riset, Pengkajian, dan Publikasi IBI, Irwan M. Habsjah. Kali ini, CEO Talkmenghadirkan Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin untuk menyampaikan (Talk) tacid knowledge kepada mahasiswa FEB UGM.

Kompetisi global perbankan adalah sebuah keniscayaan, ketika perekonomian Indonesia semakin terbuka terhadap dunia. Karena itu, segala macam aturan lingkungan bisnis, dan kapabilitas institusi perbankan harus dipersiapkan dengan kuat agar persaingan bisa dimenangkan.

Exposure terhadap kompetisi global pada industri perbankan ini kecenderungannya mempersempit net interest rate margin dan memperkecilrate of return pada aset. Demikian pula, bankglobal competition ini akan berdampak kepada fee-to-income ration dan pada akhirnya kepada profitability.

Namun demikian, sesuai ilmu yang disampaikan oleh  mahaguru ilmu kompetisi Michael Porter, persaingan akan bisa dimenangkan kalau kita menguasai kekuatan-kekuatan untuk menang. Terlebih menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) pada tahun 2015, Indonesia harus dapat memenangkan persaingan juga pada bidang perbankan.

Leave a reply