Tel. (021) 75901547 ext. 203/204 sekretariat@ikatanbankir.or.id

Menkeu: Kualitas SDM di Indonesia Masih Rendah

Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menegaskan, saat ini kualitas SDM (sumber daya manusia) di Indonesia tergolong masih rendah dan kurang bisa bersaing di dunia International.

Menkeu: Kualitas SDM di Indonesia Masih Rendah

Jakarta–Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menegaskan, saat ini kualitas SDM (sumber daya manusia) di Indonesia tergolong masih rendah dan kurang bisa bersaing di dunia International. Hal ini bisa dilihat dari minimnya keterlibatan SDM Indonesia di oganisasi-organisasi Internasional.

“Tantangan Indonesia kualitas SDM yang masih rendah dan kurang bisa bersaing di dunia Internasional,” kata Agus, saat acara bersama pelaku ekonomi syariah, di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, 7 September 2012.

Agus mencontohkan, untuk di Bank Dunia sendiri dari ribuan pegawainya, hanya 60 pegawai yang berasal dari Indonesia. “15 di antaranya senior officer, sisanya pegawai biasa,” tambahnya.

Kondisi tersebut, lanjutnya, juga terjadi di lembaga internasional lainnya seperti IMF, dan lembaga keuangan internasioal lain.

Terlebih lagi, tambah Agus, ada sekitar 6 juta pekerja di Indonesia diluar negeri yang bekerja di strata tingkat bawah.

“Itu tentu harus kita berikan perhatian dan kesempatan untuk bisa berkembang ke depannya,” jelas Agus, yang mantan Direktur Utama Bank Mandiri.

Agus juga mengaku, pemerintah telah berupaya untuk mendorong peningkatan tersebut. Salah satunya dengan mematok 20% anggaran pemerintah dalam APBN yang diperuntukan untuk pendidikan. “Dengan semua itu bisa meningkatkan perannya,” tandas Agus. (*)

Leave a reply