Tel. (021) 75901547 ext. 203/204 sekretariat@ikatanbankir.or.id

Hanya Berjalan 5 Menit, Banggar DPR Tunda Rapatnya Hingga 15 Jam

Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) menunda rapat kerjanya (raker) bersama dengan Menteri Keuangan

Hanya Berjalan 5 Menit, Banggar DPR Tunda Rapatnya Hingga 15 Jam

Jakarta–Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) menunda rapat kerjanya (raker) bersama dengan Menteri Keuangan, Menteri PPN-Kepala Bappenas dan Gubernur Bank Indonesia hingga Rabu siang (18/6).

Mengingat agenda raker ini seharusnya dilaksanakan pukul 14.00 WIB (17/6), namun karena ada sesuatu yang tidak dapat disebutkan oleh pihak DPR, rapat pun ditunda hingga pukul 19.00 WIB. Namun, hingga pukul 19.00 WIB rapat pun tak kunjung dimulai dan para anggota Banggar DPR pun belum terlihat nampak.

Menurut pantauan Infobank, sekira pukul 21.00 WIB, akhirnya para anggota Banggar DPR mulai memasuki ruangan rapat termasuk Ketua Badan Anggaran DPR-RI, Ahmadi Noor Supit yang perlahan-lahan memasuki ruang rapat. Selain itu, disusul pula oleh Menteri Keuangan, Chatib Basri yang ditemani oleh anak buahnya yang berseragam biru muda.

Sekira pukul 22.00 WIB, rapat belum juga dimulai. Bahkan, mereka yang sudah hadir didalam rapat tersebut malah terdengar bising sembari menunggu rapat yang dipimpin oleh Ahmadi Noor Supit dapat segera terlaksana. Beberapa wartawan pun masih setia menunggu agar rapat tersebut bisa segera mulai, dimana seharusnya rapat ini di agendakan sejak pukul 14.00 siang tadi (17/6).

Memasuki pukul 22.30 WIB, Ketua Banggar DPR pun mulai membuka rapat ini dengan ucapan salam seperti biasanya. Seperti biasanya, akhirnya rapat yang hanya berjalan sekitar 5 menitan ini kembali ditunda hingga hari Rabu siang (18/6). Ahmadi mengatakan, penundaan rapat ini dikarenakan beberapa komisi belum memasukan hasil dari rapat yang telah digelar dimasing-masing komisi.

“Beberapa komisi belum masukin hasil. Karena dalam Undang-Undang semua keputusan di komisi harus mengacu pada naskah dan persyaratan paniti kerja (Panja) Badan Anggaran,” ujar Ahmadi ketika berbicara di ruang rapat Banggar Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa Malam, 17 Juni 2014.

Adanya pernyataan tersebut, Ketua Banggar pun memutuskan untuk menunda raker ini hingga besok siang sekira pukul 13.00 WIB. ”
Kita berikan kesempatan sampai besok, dan kita akan bahas besok sekira jam 13.00 siang yaa,” tukasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Menteri Keuangan Chatib Basri menjawab pernyataan yang dilontarkan oleh pemimpin Badan Anggaran, pihaknya akan mengikuti apapun keputusan yang diberikan oleh Banggar. “Kami pada prinsipnya taat asas. Kalau memang begitu, kita siap untuk raker besok siang,” tutup dia.

Leave a reply